SARADAN NEWS

PIMPINAN DAN STAF SARADAN NEWS MENGUCAPKAN SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1 SYAWAL 1434 H, MINAL AIDZIN WAL FAIDZIN, MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN

Jumat, 05 April 2013

Kapasitas Klostor Di Wakatei Tidak Mampu Menampung Hasil Ikan Para Nelayanan


Kapasitas Klostor Di Wakatei Tidak Mampu Menampung Hasil Ikan Para Nelayanan

Bula-Maluku 06/13, Kepala Dinas Perikanan Kelautan Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) Ramli Sibualamo mengatakan Kecematan Wakatei Pulau Keswui memiliki potensi perikanan yang sangat baik, penegasan ini disampaikan Ramli saat melakukan kunjungan kerja ke Kecamatan Wakatei beberapa waktu lalu sekaligus untuk melihat perkembangan Klostor di Pulau Keswui.

Menurut Ramli Sibualamo terjadi kelebihan Produksi sehingga harus diantisipasi dengan mendatangkan dua buah kapal dengan kapasitas 25 ton yang telah melakukan aktifitas muat sebanyak delapan kali dengan tujuan Keswui-Timika, sedangkan kapal yang lainnya dengan kapasitas 250 ton tujuan Muara Baru, namun tetap saja terjadi kelebihan produksi.

Dia mengatakan dari kapasitas Klostor jika dibandingkan dengan ikan yang masuk setiap saat sangat tidak seimbang sehingga harus ditambah kapasitas agar bisa menampung ikan yang masuk dari para nelayan termasuk dilakukan penambahan kapal, mengingat estimasi untuk produksi ke depan sangat besar.

Dirinya berharap Pemerintah Provinsi Maluku dalam hal ini Dinas Perikanan dan Kelautan dapat melihat persoalan yang terjadi di Pulau Keswui dengan menyampaikan ke Kementrian Kelautan Perikanan sehingga produksi ikan di Pulau Keswui dapat teratasi dengan baik. Sedangkan terkait dengan kondisi nelayan akan tetap diperhatikan dengan memberikan sarana penangkapan setiap tahun sehingga dapat kegiatan produksi ikan di Pulau Keswui.

Klostor di Pulau Keswui hanya mampu untuk menanmpung 20 Ton sementara ikan yang masuk setiap hari diatas 20 ton sehingga harus ada kapal timbang untuk dapat mengatasi kelibihan tersebut karena kelibihan ikan tersebut langsung dibuang, bahkan pernah dibuang sebanyak 7 sampai 10 ton karena kapasitas klostor yang sangat terbatas.

Ramli Sibualamo mengatakan perlu pembaharuan baik terhadap Klostor maupun sarana tangkap dari pada nelayanan tersebut, dia berharap dengan bantuan yang selama ini diberikan oleh pemerintah daerah Kabupaten SBT dapat bermanfaat dalam membantu kesejahteraan masyarakat nelayan yang ada di Pulau Keswui.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar