SARADAN NEWS

PIMPINAN DAN STAF SARADAN NEWS MENGUCAPKAN SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1 SYAWAL 1434 H, MINAL AIDZIN WAL FAIDZIN, MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN

Senin, 04 Februari 2013

Lima Kandidat Bakal Calon Gubernur Berpeluang Mendapat Rekomendasi


Lima Kandidat Bakal Calon Gubernur Berpeluang Mendapat Rekomendasi

Bula-Maluku 05/13, Penyampaian visi misi dan uji kelayakan dan ke­patutan sembilan bakal calon (balon) Gu­ber­nur dan Wakil Gu­bernur Maluku periode 2013-2018 di gedung Baileo Siwalima Karang Panjang Ambon, Senin (04/01) siang berlangsung seru, Para Gagub masing-masing, Abdullah Vanath/ketua DPD PD Maluku, Jakubus Puttileihalat/Ketua Majelis Pertimbangan DPD PD Maluku, Letjen TNI (Marinir) Purn Nono Sampono, Abdullah Tuasikal dan Julius Latumaerissa. Se­mentara untuk balon wakil gubernur terdiri dari Marthin J Maspaitella/Pasangan Abdullah Vanath, Daniel Sohilait/perseorangan, Arifin Tapi Oyihoe/pasangan Jakobus Puttileihalat alias Bob serta Brigjen Purn TNI Amin Mahu/pasangan Julius Latumaerissa dihadapan tiga orang penalis masing-masing Prof. Dr. Tonny Pa­riela, M.Si, Pro. Dr Simon Nirahua, SH, MH dn Dr. Muspida.

Bakal Calon Gubernur Maluku dari Partai Demokrat, Yacobus F. Puttilehalat, S.Sos, MM, terlihat berapi-api saat menyampaikan visi-misi nya di hadapan para kader dan simpatisan Partai Demokrat serta para undangan. Penyampaian visi-misi dan fit and proper test ini dilakukan oleh Partai Demokrat Maluku kepada para Balon Gubernur dan Wakil Gubernur yang berlangsung di Baileo Siwlima di Ambon, kemarin.

Dalam penyampaian visi-misinya, Puttilehalat berjanji, jika ia dipercayakan Partai Demokrat dan masyarakat Maluku untuk memimpin daerah ini, maka ia berjanji akan mendatangkan investor ke Maluku. “ Sejumlah investor mancanegara saya siap datangkan untuk memberikan investasi di Maluku,” katanya.

Kata Puttilehalat, Maluku sangat kaya dengan pertambangan, jadi masyarakat Maluku tidak boleh miskin. Pertambangan itu mulai dari nikel, batu bara hingga emas banyak sekalai berada di perut bumi Maluku. “ Saya siap menggerakan hasil alam yang ada itu demi kemakmuran masyarakat. Jika Sumber Daya Alam (SDA) di Maluku ini dikelola dengan baik, maka masyarakat Maluku tidak lagi miskin dan beruba menjadi sejahtera,” ucapnya.

Dalam penyampaian visi-misi itu, Puttilehalat juga menyinggung prestasinya dengan menggandeng sejumlah investor dari Polandia dan China untuk melakukan investasi di Kabupaten Seram Bagian Barat yang kini ia pimpin. Bahkan proyek mencusuar “ Kawasan Ekonomi Khusus  (KEK) “  di SBB yang kini sedang dirintisnya bakal menyedot ribuan tenaga kerja.

Sementara itu penyampaian visi dna misi itu, Ketua Demokrat Abdulah Vanath mengatakan, dirnya tidak setuju dengan data yang dilansir oleh Badan Pusat Statistik (BPS) yang menyatakan, Provinsi Maluku berada pada peringkat ke tiga termiskin dari bawah di Indonesia. Menurutnya data BPS itu perlu ditinjau ulang karena kondisi masyarakat di Maluku cukup berbeda dengan masyarakat di Pulau Jawa.

Indikator pengambilan sampelnya yang harus ditinjau. Orang Maluku tidak ada yang miskin, ketersediaan makanan di Maluku cukup. Sagu dan umbi-umbian cukup untuk dikonsumsi masyarakat, jadi mereka tidak lapar. Jika masyarakat di Pulau Jawa uang satu juta rupiah tidak cukup, maka untuk masyarakat Maluku sudah diangap cukup untuk makan dalam waktu beberapa hari ke depan,” kata Vanath dengan lantangnya.

Dari kelima Bakal Calon Gubernur yang menyampaikan Visi-Masi hanya Tiga yang sangat baik dalam menjawab pertanyaan Pinalis yakni Abdulah Tuasikal, Julius Latumerisa dan Nono Sampono. Acara yang disiarkan oleh Radio Republik Indonesia Ambon ini juga didengarkan oleh masyarakat di Kota Bula, karena disiarkan langsung oleh RRI LLP Kabupaten SBT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar