SARADAN NEWS

PIMPINAN DAN STAF SARADAN NEWS MENGUCAPKAN SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1 SYAWAL 1434 H, MINAL AIDZIN WAL FAIDZIN, MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN

Sabtu, 13 Oktober 2012

Pemprov Maluku Dan Pemda SBT Prioritas Pelayanan Listrik


Pemprov Maluku Dan Pemda SBT Prioritas Pelayanan Listrik

Bula-Maluku 13/10, Kepala Dinas Pertambangan Energi Dan Mineral Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) Syarifudin Goo mengatakan dalam rangka mempercepat peningkatan kesejahteraan masyarakat, maka salah satu fukus utama yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah Provinsi Maluku dan Kabupaten SBT adalah mengupayakan perluasan jaringan PLN pada beberapa wilayah di Kecamatan di SBT.

Dia mengatakan untuk tahun 2012 ini salah satu program dari Kabupaten SBT adalah membangun beberapa jaringan yang PLN untuk memperlancar pelayanan Publik seperti Rumah Sakit Umum Daerah dengan melakukan perubahan jaringan serta untuk mempercepat penggunaan fasilitas kantor DPRD serta pembangunan jaringan ke pemukiman warga.

Menurut Goo saat ini sedang dilakukan penambahan jaringan sepanjang 1 kilo ke pumukiman warga serta pembangunan jaringan pada sekolah unggulan di Bula Air. Diakui ini merupakan program dari Pemerintah Kabupaten SBT, bahkan mernurut Goo selama ini banyak program yang merupakan bantuan langsung dari PLN seperti lokasi Jembatan Basa yang beberapa waktu lalu masyarakatnya telah menikmati listrik, sedangkan pada bulan ini akan dilakukan perluasan jaringan sampai pada Hote-Silohan termasuk Salas dan Wailola kecil.

Sedangkan dalam Kota Bula sendiri juga dilakukan perluasan jaringan seperti di Waimomir dan perbaikan jaringan sehingga kebutuhan masyarakat terhadap listrik dapat terpenuhi, selain di Kota Kabupaten di Kecamatan juga dilakukan perluasan jaringan diantaranya Amar Sekaru dilakukan pemasangan jaringan untuk daerah Wawasa.

Untuk ke depan menurut Syarifudin Goo akan dilakukan perluasan hingga ke Ga karena ada Bandar Udara di wilayah tersebut, termasuk di daerah Air Nanang sampai ke Guli-Guli, sedangkan diakui kendala terbesar adalah di Kelmuri karena pada satu kecamatan ini belum menikmati pelayanan listrik sehingga untuk tahun kedepan semua akan menjadi prioritas.

Pada tahun 2011 lalu PLN juga telah membantu masyarakat dengan program bantuan Listrik Tenaga Surya kepada masyarakat di Kecamatan Teor, Pulau Panjang dan Amar Sekaru, khusus untuk pulau-pulau akan disesuaikan dengan kondisi wilayah setempat yakni kalau pulaunya besar maka akan dipasang Listrik Tenaga Sutya Terpusat.

Ditambahkan Goo, untuk pulau-pulau akan dicoba dengan energy baru yaitu Listrik Tenaga Surya baik tersebar maupun terpusat, dalam tahun 2012 dari Kementrian Daerah Tertinggal akan memberikan 126 unit untuk wilayah Kuamur dimana pekerjaannya dilakukan secara bertahap. Direncanakan untuk pulau-pulau lain juga akan dilakukan pembangunan listrik tenaga surya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar