SARADAN NEWS

PIMPINAN DAN STAF SARADAN NEWS MENGUCAPKAN SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1 SYAWAL 1434 H, MINAL AIDZIN WAL FAIDZIN, MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN

Kamis, 30 Agustus 2012

Meriahkan HUT Kota Ambon,


Meriahkan HUT Kota Ambon,
Pemkot Gelar Lomba Tabaos Marinyo

AMBON.- Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Ambon ke-437 pada 7 September mendatang, Panitia HUT kota telah menyiapkan serangkaian mata lomba dan kegiatan guna memeriahkan acara tersebut. Salah satu lomba yang sangta kental dengan budaya orang Ambon yakni Tabaos Marinyo. Dan mata lomba ini menjadi unggulan dari mata lomba lainnya.

Lomba Tabaos Marinyo yang direncanakan akan berlangsung pada tanggal 3 - 4 September nanti di Lapangan Merdeka, akan menampilkan sisi-sisi budaya dengan mengangkat pranata tabaos berupa gaya tabaos, irama/lagu/logat negeri dalam tabaos, busana dan alat peraga atau peragaan tambahan yang dingunakan dalam tabaos.

Hal ini dikatakan Koordinator Panitia Pelaksana Lomba HUT Kota Ambon, Elky Silooy kepada wartawan di Balai Kota, Rabu, 29 Agustus.
Jelasnya, dalam pelaksanaan lomba ini tidak hanya difokuskan bagi unsur adat, namun bagi generasi-generai muda kita untuk turut serta dalam memeriahkan lomba ini.

Katanya, pelaksanaan lomba ini mengambil tema terkait dengan HUT Kota Ambon yakni "Arika Benahi Ambon", dari kata benahi kita sudah mengetahui bahwa benahi itu berarti orang menata atau membersihkan. Oleh karena itu Marinyo tinggal memilih mau menyampaikan titah raja ini dengan kata-katanya sendiri, namun harus mengunakan bahasa atau dialeg dari negerinya masing-masing.

“Yang pasti untuk mata lomba Tabaos Marinyo ini panitia sudah menyiapkan tema dan nantinya peserta marinyo akan mengaktualiasasinya sendiri," ujarnya.

Durassi waktu yang diberikan nanti antara 3-5 menit. Sedangkan untuk juri yang pastinya berasal dari seniman budaya yakni dari FKIP Unpatti yang merupakan ahli sejarah, unsur budayawan dan unsur pemerhati budaya.

"Tabaos itu sebagai bahasa asli Ambon Lease dapat berarti berteriak dengan keras atau menyampaikan pesan, perintah atau undangan secara lisan. Di Negeri-negeri di Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease serta sebagian Pulau Seram dan Pulau Buru, Tabaos biasanya dilakukan oleh seorang yang khusus bertugas untuk itu. Petugas tabaos dinamai sebagai Marinyo atau Merinhi yang berasal dari bahas Portugis atau semacam pesuruh," terang Silooy menjelaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar