SARADAN NEWS

PIMPINAN DAN STAF SARADAN NEWS MENGUCAPKAN SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1 SYAWAL 1434 H, MINAL AIDZIN WAL FAIDZIN, MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN

Rabu, 29 Agustus 2012

Lakukan Pengembangan Pariwisata,


Lakukan Pengembangan Pariwisata,
Walikota : Kewang Asset Daerah Yang Harus dilestarikan

AMBON.- Dalam rangka melakukan pengembangan pariwisata di daerah ini, maka salah satu asset Kota Ambon yang hamipr terkikis yakni Kewang yang merupakan penjaga lingkungan hiodup dalam suatu negeri adat, kini mulai diangkat oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon.

Dalam tatap muka bersama 120 orang kewang di Kota Ambon, yang berlangsung di Balai Kota, Walikota Ambon, Richrad Louhenapessy mengatakan dalam sejarah Kota Ambon, Kewang merupakan salah satu pengembangan ekonomi dan budaya kota ini. Olehnya itu Kewang merupakan komponen yang menarik dalam pengembangan parawisata di daerah ini.

"Saya akan melaunching Kewang ini pada saat HUT Kota Ambon ke-437 pada 7 September mendatang," ungkapnya.

Launching yang dilakukan tersebut, menurutnya agar para kewang ini akan melakukan pengawasan terhadap asset-asset milik pemerimntah yang bernilai wisata seperti Gong Perdamaian dan lainnya, sehingga kapasitas dan tugas kewang ini semakin diperjelas dan lebih dikenal lagi oleh warga kota yang majemuk ini.

"Kalau di Bali ada pacala, di Ambon akan ditampilkan Kewang dan para Kewang ini akan mengunakan pakaian seragam hitam khas Ambon. Itu adalah nilai jualnya," terang Walikota.

Memang para Kewang ini telah dilantik oleh Mantan Walikota Ambon lama, MJ Papilaja pada tahun 2009 lalu, dan di tahun 2012 ini fungsi kewang akan lebih ditingkatkan lagi. Kalau dulu, kewang hanya mengawasi lingkungan hidups eperti kawasan hutan, kali ini akan ditampilkan pada pusat kota dengan menjaga Lapangan Merdeka, Pattimura Park, Gong Perdamaian, Kantor Walikota maupun Kantor Gubernur.

Para kewang ini juga akan diberikan insentiaf setiap bulan secara bergiliran terhadap 10 orang per bulannya secara bergantian. Menurut dia, dengan dilakukannya pembentukan kewang ini akan sangat positif dalam pengembangan budaya yang ada di daerah ini.

"Saya mengharapkan dengan keberadaan Kewang di Kota ini dapat mengembalikan nilai-nilai Budaya yang ada di daerah ini,” harapnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar