SARADAN NEWS

PIMPINAN DAN STAF SARADAN NEWS MENGUCAPKAN SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1 SYAWAL 1434 H, MINAL AIDZIN WAL FAIDZIN, MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN

Selasa, 28 Februari 2012

Transportasi Masih Menjadi Kendala di SBT


Pemda Berencana Bangun Pangkalan Feri

Bula-Maluku 29/02, Sekertaris Badan Perencanaan Daerah (Bapeda) Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) La Edy mengakui kalau sampai saat ini Pemerintah Kabupaten SBT masih terisolasi dari berbagai aspek salah satunya adalah masalah Transportasi baik darat, laut dan udara. Dan ini terjadi sejak pemerintahan SBT terbentuk , termasuk keterisilasian dalam informasi dan komunikasi.

Dia mengaku persoalan keterisolasian ini secara perlahan oleh Pemerintah Daerah SBT mulai diatasi seperti transportasi darat, laut dan udara mulai dibuka, namun untuk membangun semua itu sangat tergantung kepada kemampuan anggaran daerah SBT, yang menjadi prioritas untuk trasportasi Ambon-Bula saat ini adalah yakni jalan lintas, sehingga untuk memperlancar jalur darat dan untuk menghubungkan Ambon-Bula maka dibuka jalur Werinama-Bula yang dalam tahun 2012 ini sudah dapat digunakan.

Selain itu Pemerintah Kabupaten SBT juga akan berencana membangun sejumlah pamgkalan Ferry sehingga kelencaran transportasi pada sejumlah wilayah tetap terjaga dengan baik, La Edy mengaku kalau Kabupaten SBT sangat tertinggal jauh dari Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara dimana dari sisi transportasi seperti Darat, Udara dan Laut sudah terpenuhi.

Terkait dengan perhubungan udara, menurut La Edy mengatakan kalau saat ini hanya menggunakan Lapangan Terbang milik perusahan, sehingga kedepan perencanaan pembangunan Bandara berlokasi di Kufa, sedangkan pembangunan dermaga Ferry akan dipusatkan di Air Nanang, sesuai program pemerintah Provinsi Maluku, diaman perencanaannya adalah menghubungkan Maluku Tenggara-Seram Timur sehingga perlu ada pangkalan ferry.

Terkait dengan sejumlah jalan seperti jalan Lingjkar Gorom, jalan Pulau Keswui dan jalan Lingkar Pulau Keswui, menurut La Edy akan dimasukan dalam program jangka panjang, bahkan dalam tahun Gorom menjadi prioritas untuk dikerjakan, namun karena kemampuan aggaran sehingga akan dilakukan secara bertahap. Pait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar