SARADAN NEWS

PIMPINAN DAN STAF SARADAN NEWS MENGUCAPKAN SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1 SYAWAL 1434 H, MINAL AIDZIN WAL FAIDZIN, MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN

Selasa, 28 Februari 2012

Pemda SBT Akan Bangun PLTS Untuk Desa-Desa.


 PLN Tidak Maksimal Melayani Masyarakat

Kepala Dinas Pertambangan dan Energi Kabupaten Seram Bagian Timur A.Malik Kilwouw SH mengatakan pemerintah Pusat dan Pemerintah Kabupaten SBT akan memprioritaskan pembangunan Perusahan Listrik Tenaga Surya (PLTS) untuk Kabupaten SBT dan Hidro, namun karena potensi Hidro tidak memenuhi standar sehingga kedepan untuk dasa-desa di Kabupaten SBT pengembangannya lebih pada PLTS.

Dia mengatakan salah satu pusat PLTS yang sementara dibangun adalah desa Kelmuri yang merupakan bantuan dari Pemerintah Pusat, yang akan menjadi contoh untuk nanti kedepan akan dokembangkan sesuai petunjuk Bupati Kabupaten SBT Abdulah Vanat dan harapan dari pemerintah pusat sehingga masyarakat dapat merasakan pembangunan di Kabupaten SBT.

Dia mengakui kalau sejumlah Perusahan Listrik Negara PLN saat ini mengalami kendala karena keterbatasan dana baik dari provinsi maupun Kabupaten sehingga banyak masyarakat yang tidak bisa menikmati penerangan listrik, apalagi Kabupaten SBT yang daerahnya cukup luas dan terdiri dari kepulauan sehingga pekerjaannya dilakukan secara bertahap.

Dirinya mengakui kalau banyak persoalan menyangkut pelayanan PLN, salah satunya adalah pamadan yang sering terjadi walaupun tidak separa yang terjadi di daerah lain, banyak pelanggang yang belum tersambung, yang lebih para lagi adalah PLN Pulau Keswui yang sering mengalami pemadaman selama berbulan-bulan, belum lagi permintaan pelanggang yang sampai saat ini tidak dapat terpenuhi salah satunya adalah beberapa desa dan dusun yang sebelum konflik telah tersambung dengan PLN namun setelah mereka kembali sejak tahun 2005 sampai saat ini PLN Keswui tidak merespon keinginan mereka untuk menggunakan listrik.

Untuk kedepan menurut A Malik Kilwouw Pemerintah Kabupaten SBT akan melakukan survei untuk pembangunan PLTS di Pulau Panjang dan Wakatei, salah satu pengguna PLS di Kabupaten SBT adalah gunung batik yang telah diresmikan oleh Ketua DPRD Provinsi Maluku Fatani Sohilau pada Januari 2012 lalu yang merupakan bantuan dari Pemerintah Provinsi Maluku.

Dia mengakui kalau yang paling banyak memberikan harapan adalah Listrik Tenaga Surya, sehingga kedepan nanti Listrik Tenaga Surya yang akan menjadi alternatif untuk memecahkan persoalan kelistrikan di Kabupaten SBT. Pait.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar