SARADAN NEWS

PIMPINAN DAN STAF SARADAN NEWS MENGUCAPKAN SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1 SYAWAL 1434 H, MINAL AIDZIN WAL FAIDZIN, MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN

Kamis, 23 Februari 2012

Pemerinta Priorotas Pala Di Keswui Dan Pulau Gorom.


Pala Menjadi Komuditi Unggulan Kabupaten SBT

Bula-Maluku 24/02, Pemerintah Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) akan fokus pada pembangunan sektor peningkatan ekonomi masyarakat yakni Perkebunan Pala dimana Pulau Gorom dan Pulau Keswui Kecamatan Wakatei menjadi tempat penghasil pala terbanyak di Kabupaten Seram Bagian Timur. Hal tersebut disampaikan Sekertaris Badan Perencanaan Daerah (Bapeda) SBT La Edy.

Dia mengatakan untuk pertanian Pala sesuai program pemerintah Kabupaten SBT akan menjadikan pala sebagai komoditi unggulan sehingga kedepan akan dilakukan program sejuta pohon pala, sehingga Kabupaten SBT benar menjadi penghasil pala yang terbesar di Indonesia, namun untuk melaksanakan program ini akan dilakukan survei awal terhadap lokasi pala yang ada di Pulau Keswui dan Pulau Gorom, serta beberapa kecamatan di Pulau Seram.

Menurutnya sampai saat Pemerintah Kabupaten SBT belum mengetahui secara jelas jumlah pohon pala yang ada baik di Pulau Keswui maupun Pulau Gorom dan kemana pala tersebut harus di jual. “selama inikan kita hanya berteriak kalau kita punya pohon pala tetapi kita tidak pernah tahu apa yang kita dapat dari pala itu. Apakah masyarakat dengan dengan sekian banyak hektar pala itu lalu dia langsung sejahtera atau tidak, atau justru sebaliknya ada masalah yang dihadapi oleh para petani pala tersebut”.ungkap La Edy.

La Edy mengaku Pulau Gorom dan Pulau Keswui menjadi lumbung pala namun yang mendapat manfaat dari pala tersebut adalah pedagang sehingga perlu dilakukan pendataan terhadap jumlah pohon pala dimana yang telah ada dilakukan pengembangan selanjutnya agar pala yang tetap subur dan memberikan kualitas baik.

Menurut La Edy pemerintah Kabupaten SBT akan melakukan efaluasi terhadap pengembangan pala agar memberikan dampak positif terthadap petani pala di SBT sehingga memberikan kesejahteraan bagi petani pala itu sendiri, Ia mengaku banyak bantuan dalam bentuk bibit berupa anakan yang diberikan kepada masyarakat selama ini tidak bermanfaat bagi masyarakat dan terkesan mubasir. Olehnya pemerintah Kabupaten SBT akan memberikan anakan pala dan masyarakat hanya menyediakan lahan untuk ditanam.

Menurutnya untuk Pulau Keswui dan Pulau Gorom Pemerintah SBT akan melakukan rehabilitasi dan peremajaan sehingga pala akan tetap ada termasuk memperbaiki masalah harga sehingga masyarakat bisa merasakan manfaatnya dan kesejateraan meraka akan lebih baik.Pait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar