SARADAN NEWS

PIMPINAN DAN STAF SARADAN NEWS MENGUCAPKAN SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1 SYAWAL 1434 H, MINAL AIDZIN WAL FAIDZIN, MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN

Minggu, 01 September 2013

Gubernur Minta Pemda SBT Untuk Jadi Fasilitator Yang Baik



Gubernur Minta Pemda SBT Untuk Jadi Fasilitator Yang Baik


Bula-Maluku 02/13, Gubernur Maluku meminta Pemerintah Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) untuk dapat menjadi fasilitator yang baik serta netral dan profesional dalam membangun komunikasi dengan instansi penyelenggara Pemilihan Umum Kepala Daerah Maluku, sehingga Netralitas sebagai aparatur pemerintah dapat tetap terjaga.

Penegasan ini disampaikan Gubernur Maluku saat bertatap muka dengan Pemerintah Daerah Kabupaten SBT, para tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda dan tokoh perempuan dilantai II kantor Bupati SBT Sabtu siang, menurutnya banyak pengaduan dan laporan tentang politisasi Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang digunakan dalam rangka pemenangan kandidat tertentu.

Menurutnya Fenomena yang dilihat selama ini adalah mobilisasi birokrasi dalam Pemilukada untuk memenangkan pasangan tertentu harus dihindari, kondisi ini tidak hanya terjadi di Kabupaten SBT saja akan tetapi juga terjadi di Buru dan Buru Selatan, sehingga dalam Pengumutan Suara Ulang (PSU) ini agar politisasi birokrasi dan netralitas birokrasi ini harus benar-benar dijaga.

Selain itu Gubernur juga mengingatkan kepada para aparat TNI dan Polri untuk tetap menjaga integritas selaku aparat keamanan negara serta mampu menjamin stabilitas keamanan dan ketertiban umum di seluruh wilayah Kabupaten SBT, mengingat hanya dengan keamanan yang kondusif maka seluruh pembangunan bahkan seluruh perhelatan politik ini akan dapat dilaksanakan sebagai mana yang diharapkan masyarakat Maluku.

Kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Panitia Pengawas Pemilihan Umum di Kabupaten SBT untuk dapat melaksanakan tugas dengan baik dan penuh rasa tanggungjawab sehingga PSU yang akan dilaksanakan di SBT akan dapat dilaksanakan dengan baik agar hasilnya dapat dilaporkan kembali ke Mahkama Konstitusi selesai PSU nanti.

Olehnya Gubernur berharap agar kondisi yang terjadi pada Pemilihan Putaran pertama tidak lagi terjadi pada PSU nanti, karena kalau kondisi ini terulang kembali maka akan mencoreng demokrasi yang ada di Maluku, untuk itu Gubernur meminta Bawaslu agar mengecek anggaran operasional untuk Panwas SBT sehingga pengawasan dapat berjalan dengan baik.

Gubernur juga memintah KPU untuk segera melakukan sosialisasi serta Bimbingan Teknik (Bintek) kepada para petugas yang akan melaksanakan tugas baik ditingkat kecamatan sempai pada tingkat Tempat Pengumutan Suara (TPS) secara baik, termasuk masyarakat SBT Gubernur Maluku juga memintah agar tetap menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan masing-masing dengan tidak terprofokasi oleh isu-isu yang menyesatkan.

Menurutnya Pemberintaan Pers khususnya di Kota Ambon merupakan pers yang bebas, sehingga pemberintaan tersebut juga merupakan kontrol dari masyarakat karena kritikan bukan hanya kepada KPU akan tetapi Gubernur juga ikut menjadi pemberitaan pers, sehingga jangan dianggap sebagai bentuk penzaliman”itu pers kita sekarang pers yang sudah bebas, jadi apa saja yang mau disampaikan itulah pers, ungkap Gubernur”.

Karel Albert Ralahalu mengajak masyarakat SBT untuk menggunakan hak pilih dengan baik untuk menentukan pemimpin yang akan memimpin Maluku yang tercinta ini, siapapun yang terpilih adalah putra Maluku terbaik untuk memimpim Maluku Lima Tahun yang akan datang. Karel Albert Ralahalu yang akan mengakhiri masa jabatannya pada tanggal 15 September ini berharap masyarakat SBT dapat memberikan pilihan yang terbaik pada PSU nanti.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar