SARADAN NEWS

PIMPINAN DAN STAF SARADAN NEWS MENGUCAPKAN SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1 SYAWAL 1434 H, MINAL AIDZIN WAL FAIDZIN, MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN

Rabu, 27 Juni 2012

Polisi Diminta Usut Pembelian 10 Mobil Inova di SBT


Polisi Diminta Usut Pembelian 10 Mobil Inova di SBT
Bula 28/06, Direktur SBT Center, Djabar Tianotak mendesak aparat Kepolisian Resort (Polres) SBT mengusut pembelian 10 mobil baru jenis Inova yang digunakan kontingen MTQ kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) dalam momen MTQ ­Nasional ke-XXIV di kota Ambon baru-baru ini.

Pembelian 10 mobil baru tersebut diduga sarat manipulasi. Pasalnya selain tidak dianggarkan dalam APBD, pembelian 10 mobil Inova diluar sepengetahuan anggota DPRD SBT. “Setelah kita telusuri ternya pembelian 10 mobil Inova baru yang digunakan kontingen MTQ SBT ternyata tidak dianggarkan dalam APBD SBT 2012. Nah, ini yang menjadi pertanyaan kita dari mana sumberdana untuk membeli 10 mobil baru tersebut disaat daerah mengalami difisit anggaran,” Tanya Tianotak.

Menurut putra asli SBT ini, 10 mobil baru jenis Inova menghabiskan anggaran paling sedikit Rp.3 milyar. Pemda kemudian berdalih pembelian mobil kijang jenis Inova tersebut diperuntukkan untuk pimpinan SKPD di SBT. Namun lagi-lagi pernyataan Kepala Bagian Umum SBT, M. Ramly Kelwarany bahwa pembelian 10 mobil baru tersebut sudah sesuai mekanisme dan dianggarkan dalam APBD SBT 2012 dibantah sejumlah anggota DPRD SBT.

Jabar mencontohkan, Bahrum Wajo politisi muda DPRD SBT yang mengaku kaget dengan pembelian 10 mobil baru Inova oleh Pemkab SBT. “Beta seng tau (tidak tahu, Red) beli 10 mobil baru ini dari APBD mana..?” kata Bahrum seperti dikutip Tianotak.

Bukan hanya Bahrum Wadjo yang kaget dengan pengadaan 10 mobil baru kijang jenis Inova, kata Jabar, tetapi Pimpinan Banggar DPRD SBT, Yusuf Paitaha juga mengaku kaget dan heran dengan pembelian 10 mobil baru di SBT. “ Beta seng tahu (tidak tahu, Red) sama sekali. Anggaran dari mana karena ini termasuk pemborosan,” ujar Paitaha seperti dikutip Jabar.

Paitaha, kata Jabar, malah mempertanyakan, pengadaan 10 mobil baru Inova tersebut. “Sebagai pimpinan Banggar, saya tidak tahu. Dan kalau benar sumber dananya dari APBD 2012 kenapa baru sekarang mereka beli…?” tanya Wakil Ketua DPRD SBT dari Fraksi PDIP ini.

Pengadaan 10 mobil Inova selaian sumber pendanaannya tidak jelas adalah pemborosan. Pasalnya pimpinan fraksi dan pimpinan komisi di DPRD menggunakan mobil jenis Avansa. Kenapa beda antar eksekutif dan legislatif. “Kepala-kepala dinas di SBT hampir semuahnya sudah memiliki mobil dinas kenapa beli 10 mobil Inova baru lagi?” sesalnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar